Kamis, 30 Januari 2014

Mengapa Android Sebaiknya Di Root? Apa Manfaatnya? Root Itu Apa? Disini Jawabannya!

Saya yakin anda pasti sering dengar istilah yang satu ini. Root. Rooting. Kalo anda pengguna handphone Android, mungkin anda pernah ditanya "hape lu udah di root belum?."

Apa sih Root itu? Kalo diartikan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, maka Root itu artinya akar. Jadi yang dimaksud dengan "di root" adalah membuka akses menuju "akar" handphone anda, kebebasan untuk merubah apapun. Maksudnya apa sih? Jadi gini, kalo anda pake handphone Android, anda bisa mengotak-atik berbagai macam setting yang ada di handphone anda, TAPI hal-hal yang anda bisa otak-atik hanyalah hal-hal yang diijinkan oleh si pembuat hape-nya aja. Contoh, biasanya handphone Android jaman sekarang ada aplikasi Facebook sebagai bagian dari OSnya, alias udah keinstall tanpa harus anda yang install. Tapi kalo anda bukan pengguna Facebook, atau gak mau pake, bisa gak anda uninstall aplikasi tersebut? Gak bisa, paling hanya clear data. Artinya anda dibatesin kan?

Intinya, hape Android yang belum di root adalah hape yang "membatasi" penggunanya. Namun yang harus diketahui adalah, sebaiknya anda mempelajari dengan benar cara ngeroot hape anda, karena ada resiko brick alias mati total. Maka dari itu disarankan anda meminta bantuan atau setidaknya anda didampingi orang yang lebih paham.

Jadi, apa aja sih manfaat hape Android yang udah di root? Kenapa root android?


manfaat root android

5. Meningkatkan Performa & Baterai 
Sebenernya, tanpa di root, anda bisa meningkatkan performa dan lebih menghemat baterai anda. Tapi kalo hape anda di root, hape anda bisa lebih optimal lagi. Aplikasi seperti SetCPU bisa membantu anda untuk meng-overclock hape anda biar performanya lebih ngebut atau meng-underclock agar lebih hemat baterai. Sedangkan aplikasi kayak Greenify bisa menghibernasi aplikasi yang lagi gak dipakai, biar makin hemat baterai.

4. Ngeblok Iklan
Bete gak sih, kalo lagi browsing, atau lagi main gim tau-tau nongol iklan. Aplikasi seperti AdBlock Plus atau AdFree bisa ngebantu anda untuk menghilangkan iklan-iklan tersebut.

3. Membuang Aplikasi Yang Gak Penting
Sehubungan dengan contoh yang dikasih diawal tadi, banyak aplikasi bawaan yang sebenernya gak penting dan akhirnya cuman menuh-menuhin hape anda aja. Banyak aplikasi yang bisa ngebantu anda untuk membuang aplikasi-aplikasi gak penting ini, salah satunya Titanium Backup. Tapi sekali lagi, anda baru bisa melakukan ini kalo hape anda udah di root.

2. Bisa Memakai Custom Kernel & Custom ROM
Nah, menurut saya inilah inti dan manfaat utama dari rooting. Kegunaan Kernel adalah untuk membantu proses "komunikasi" antara aplikasi dan hardware hape anda. Artinya, dengan kernel yang udah dioptimasi bisa membuat hape anda lebih oke, seperti performa yang meningkat, ngecharge baterai lebih cepat, dan lain-lain. Sedangkan ROM adalah OS Android itu sendiri, jadi custom ROM adalah versi Android yang diciptakan oleh orang-orang tertentu yang udah dioptimasi oleh mereka. Saya dulu pengguna Sony Ericsson Xperia Arc, dan Sony hanya memberikan update sampe ke Android 4.0 alias Ice Cream Sandwich (ICS). Lalu begitu update ke ICS bukannya tambah oke malah jadi lebih lambat. Saya akhirnya iseng-iseng nyari dan ketemulah custom ROM Jelly Bean buatan salah satu developer di XDA Developers, lalu saya install sendiri. Wuih hape jadul saya jadi makin oke. Ngebut dan baterai jadi hemat. Belum lagi aplikasi-aplikasi gak penting juga udah hilang. Custom ROM dijamin lebih cepat dan lebih oke dibanding ROM bawaan dari masing-masing manufaktur.

1. Hape Itu Ya Hape Anda!
Anda memakai uang hasil kerja keras anda (atau minta ortu :p) untuk beli hape, tapi anda gak dikasih hak untuk menggunakan hape anda sesuka anda? Dibatesin? Oalah! Udah jadi hak, tapi masih aja dibates-batesin. Menurut saya, ada kebanggaan tersendiri saat anda udah bikin hape anda seperti yang anda mau.

Nge-root emang lebih cocok buat orang yang suka oprak-oprek hape. Bagi pengguna awam yang hanya SMS, telpon, sosial media, mungkin gak akan terlalu merasakan manfaatnya. Pilihan ada pada anda, pos ini hanya memberitahu manfaat dan kegunaannya. Tapi kalo anda bisa nge-root seenggaknya hape anda sendiri, bisalah pamer-pamer dikit kalo anda bisa nge-root dan sekalian ngasih tau manfaatnya ke temen-temen anda, hehehe.

1 komentar: